Egg-Plant

Sejarah Komputer dari Generasi Pertama

Unknown | ,Senin, November 10, 2014 |

Tugas Pengenalan TI 1A
Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama

Disusun Oleh:
Akbarii Fadhli Muin
Bimo Ichmu AM
Fitri Novita Yani
John Swandi Gultom
Luthfi Erzani Atmaja
Mia Rachmah Narulita

1KB05
Tp 2014/2015

Kata Pengantar


      Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan tugas makalah tentang Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama. Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Pengenalan Teknologi Informasi 1A.
      Kami mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak,terutama para penemu komputer dan search engine,yang hasil karyanya sangat membantu kami dalam mengumpulkan referensi untuk makalah ini. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kemajuan kami kedepannya
      Semoga makalah ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya


Depok,29 September 2014
Penyusun



Daftar Isi


Pendahuluan

        Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
        Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
        Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

  

Sejarah Perkembangan Komputer

Ø Abacus  adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik - manik yang bisa di geser. Diperkirakan alat ini muncul sekitar 5.000 tahun yang lalu di China. Di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan nama Sempoa.

Ø Roda Numerik atau Numerical Wheel,ditemukan pada tahun 1642 oleh seseorang bernama Blaise Pascal (1623-1662) yang saat itu masih berumur 18 tahun. Ketika itu, benda buatan Pascal ini sengaja ia buat untuk membantu ayahnya dengan berbagai perhitungan yang diperlukan dalam pekerjaannya sebagai inspektur pajak. Mesin ini kemudian diberi nama "Arithmatique" atau "Pascaline". Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Mesin buatan Pascal ini merupakan salah satu mesin pertama di dunia yang menambahkan mekanik didalamnya. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan saja.




Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. Karena ukurannya yang fantastis yakni panjang 30m dan tinggi 2.4m,maka ENIAC butuh satu ruangan tersendiri untuk tempat komponennya. Ukuran ENIAC sangat besar karena masih menggunakan vacuum tube sebagai komponen utama,dan butuh banyak komponen pendingin dikarenakan vacuum tube mudah menghantarkan panas.

Pada tahun 1948 transistor ditemukan,dan pada tahun 1956 mulai dicoba untuk digunakan pada komputer sebagai pengganti vacuum tube . Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory. Ada juga IBM System 360 yang cukup populer di masa ini.
Setelah adanya IC,tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas,yaitu mngecilkan ukuran sirkuit dan komponen elektrik. Maka ditemukanlah Large Scale Integration (LSI) yang memuat ratusan komponen dalam satu chip. Pada masa ini terciptalah komputer IBM System 370 dan Burrough 700.




Setelah ditemukannya LSI,pada tahun 80an ditemukan Very Large Scale Integration (VLSI) dan disusul Ultra Large Scale Integration (ULSI) yang memuat sampai jutaan komponen. Komputer masa kini diawali dari munculnya Apple I Computer yang dikembangkan Steve Wozniak dan Steve Jobs. Sampai saat ini komputer berkembang dengan sangat cepat.
Komputer generasi ini adalah yang sedang masa pengembangan,dan akan mengawali era baru komputer. Jika dari bayangan dan konsep yang beredar,kemungkinan komputer akan sangat portabel,hanya menggunakan kaca tanpa adanya tombol fisik,atau bahkan mungkin tidak lagi memerlukan monitor. Komputer juga mulai menjadi “makhluk hidup” dengan mulai dikembangkannya kecerdasan buatan dan robot. Saat ini pengembangan komputer juga sudah meluas ke segala arah,bahkan di bidang kedokteran. Saat ini saja sudah ada robot bedah yang sudah mulai banyak digunakan.


Daftar Pustaka




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar