Egg-Plant

PERINTAH PADA FILE BATCH BESERTA SYNTAXNYA

Unknown | ,Kamis, Oktober 30, 2014 |

File Batch atau sering dikenal dengan file berektensi .bat merupakan file yang berisi sekumpulan Perintah Internalataupun Perintah Eksternal DOS, dan siap dieksekusi bila file tersebut dijalankan melalui Prompt DOS.
Perintah pada file bacth bermacam-macam, sekarang ini masih banyak digunakan untuk membuat aplikasi sederhana ataupun membuat program penghancur (Virus) dan juga penawarnya (Antivirus). Berikut contohmembuat perintah file bacth sederhana.

Langkah membuat File Batch
1.     Buka MS-DOS atau Command Prompt
2.    Setelah muncul jendela Dos Prompt silahkan ketikkan Edit 
3.    Akan muncul layar biru, silahkan anda ketik kode berikut
@Echo off
CLS
ECHO SELAMAT DATANG di
ECHO Blogger Dasetiani
ECHO Kumpulan Informasi Internet
PAUSE > NUL
ECHO Terimakasih Sudah Berkunjung..
4.    Setelah menuliskan perintah diatas kemudian klik File Save beri nama Pesan.bat, kemudian klik File Exit. Untuk menjalankan tinggal ketikkan nama file tadi yakni Pesan.bat pada command prompt atau double klik file pesan.bat tersebut.
5.    Atau jika ingin lebih mudah, bisa mengetikkan perintah diatas pada Notepad kemudian Save As ektensi namaFile.bat misal Pesan.bat untuk menjalankan tinggal double klik file yang disimpan tadi. Untuk hasilnya seperti gambar dibawah.

Contoh macam macam Perintah File Batch
 @
Simbol ini sering ditulis sebagai @ ECHO OFF untuk mencegah ditampilkannya perintah di sebelah kanan layar dalam Batch file, jadi yang ditampilkannya hanyalah hasilnya.
 ECHO
Digunakan untuk menampilkan pesan dalam batch file. Misal Echo Selamat Datang digunakan untuk menampilkan pesan Selamat Datang.
 ECHO.
Digunakan untuk memberikan jarak satu baris kosong pada layar.
 REM
Kependekan dari REMARK merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses.
 PAUSE
Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue... Untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL
 GOTO LABEL
Digunakan untuk pergi ke label tertentu, seperti LABEL. An example of GOTO would be to GOTO END. Contoh GOTO adalah untuk GOTO END.
 CALL
Digunakan untuk memanggil file bat lain, karena bila kita tidak menyebutkan CALL, maka setelah satu file batch lain dipanggil proses akan berhenti di file itu.
 :LABEL
Dengan menambahkan titik dua didepan sebuah kata, misalnya LABEL, Anda akan membuat kategori atau yang lebih dikenal dengan label. Hal ini memungkinkan Anda untuk melompat ke bagian tertentu dari sebuah file Batch.
 PAUSE
Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue... Untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL
 ::
Salah satu dari dua cara untuk menambahkan komentar kedalam file Batch tanpa ditampilkan atau mengeksekusi baris komentar ketika file batch dijalankan.
 : LABEL
Dengan menambahkan titik dua didepan sebuah kata, misalnya LABEL, Anda akan membuat kategori atau yang lebih dikenal dengan label. Hal ini memungkinkan Anda untuk melompat ke bagian tertentu dari sebuah file Batch.
 CHOICE
Memungkinkan file Batch dan script menunggu user untuk memilih satu set pilihan.
 CLS
Sama seperti perintah DOS, yaitu digunakan untuk menghapus layar.
 EXIT
keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows
 IF
Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.
 SHIFT
Perubahan posisi parameter dalam Batch file.
 START
Untuk menjalankan suatu aplikasi.


Contoh berikutnya :

Nah itu tadi Contoh sederhana Perintah pada File Batch beserta beberapa macam Perintah File Bacth, masih banyak lagi perintah yang bisa digunakan dalam Batch File.

Untuk membuat file Batch, berikut contoh sederhananya:
·         Buka jendela command MS-DOS atau masuk ke MS-DOS. Informasi tambahan mengenai cara melakukan ini dapat ditemukan pada dokumen CHDOS
·         Pada MS-DOS prompt, ketik: edit test.bat dan tekan “enter”.
·         Jika mengetiknya benar, maka layar akan menjadi biru. Dalam layar ketik:
dir c: \ windows
dir c:\windows\system dir c: \ windows \ system
·         Setelah itu, Klik “file” kemudian “exit”. Ketika diminta untuk menyimpan pilih “yes”. Pengguna yang tidak memiliki cursor mouse dapat melakukan hal tersebut dengan menekan Alt+F untuk mengakses menu “File”, lalu tekan “x” untuk exit dan “enter” untuk menyimpan perubahan.
·         Setelah anda kembali ke MS-DOS prompt, Ketik : tes dan tekan “enter”. Hal ini akan mengeksekusi file test.bat dan menjalankan file. Karena baris pertama adalah pause, maka Anda akan diminta untuk menekan tombol. Setelah itu file Batch akan berjalan baris demi baris

Jika anda ingin menambahkan baris perintah file batch cukup dengan mengetikan edit test.batuntuk mengeditnya. Tapi beberapa versi MS-DOS tidak memiliki perintah Edit. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu untuk mendapatkan file edit.com untuk mengakses file ini atau dengan copy con command.
Pemrograman Batch sangat sederhana, cukup ketik source code program pada notepad atau text editor lainnya lalu simpan dengan ekstensi .bat. Untuk awalnya buka notepad terlebih dahulu yang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
·         Klik Start >> All Programs >> accessories >> Notepad.
·         Klik kanan di tengah desktop >> New >> Text Document >> Lalu klik icon text documentnya.
Setelah muncul notepadnya, barulah anda mengetikan command-command batch nya di notepad tersebut. Untuk hal pertama coba dulu dengan command yang sederhananya sebagai berikut.
   @echo off
   ::Tidak menampilkan tulisan "echo"
   echo Selamat Pagi!
   ::Menulis pesan selamat pagi ke layar
   pause
   ::Pause menunggu user untuk menghentikan program

Kemudian setelah itu klik File >> Save As >> nama.bat atau coba.bat
Perlu diingat disini, ekstensi file tersebut haruslah *.bat (ekstensi adalah kata setelah titik) yang menandakan file tersebut adalah file *.bat. hmm bukan hanya itu saja sebenranya command yang dapat kita buat tetapi masih banyak lagi command-command dengan variasi yang sangat sulit untuk dipelajari. dan masih banyak lagi file batch yang dapat kita buat tetapi sebelumnya mari kita pelajari mengenai beberapa syntax batch file.
Beberapa Command Batch
·         › Copy = membuat duplikat suatu file ke directory lainnya.
·         › Del = Menghapus sebuah file dari suatu directory.
·         › Echo = menulis pesan ke layar, sedangkan untuk syntax echo off, digunakan untuk meniadakan tampilan echo.
·         › Goto = melompat dari suatu syntax ke label.
·         › Help = melihat command batch lainnya.
·         › Start = menjalankan suatu program.
·         › Pause = Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue...Untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL.
·         › If = Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.
·         › Rem = Kependekan dari REMARK merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses.
·         › Cls = Sama seperti perintah DOS, yaitu digunakan untuk menghapus layar.
·         › Exit = keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows.
Beberapa Operator
·         @ = berguna untuk membuat syntax menjadi tidak kelihatan di layar atau untuk tidak menampilkan baris perintah disebelah kanan layar.
·         : = tanda label.
·         > = menuliskan sesuatu dengan meniban isi file yang sudah ada.
·         >> = menuliskan sesuatu pada garis baris yang baru.
·         :: = komentar, tidak dieksekusi.
Sumber :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Sangat lengkap infonya jadi mudah belajar untuk membuat batch file.

Bagi yang ingin belajar mengenai http://www.computer-course-center.com/belajar-seo.htmlEO bisa dilihat di situs berikut ini

nroelz mengatakan...

kalau untuk menjalankan file *.m3u caranya gimana ?
terima kasih

KomunitasOraPokro mengatakan...

Mantab...
Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya .:: Pokok Media ::.

KomunitasOraPokro mengatakan...

Buka winamp aja....hahaha...
Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya .:: Pokok Media ::.

KomunitasOraPokro mengatakan...

Passwordnya bikin bintang saja...hahaha...
Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya .:: Pokok Media ::.

Juven mengatakan...

kalau untuk download otomatis bijimana tuh bang?

Posting Komentar